Selain menguasai bahasa Inggris, Vilya Lakstian Catra Mulia, S.Hum., M.Hum., dosen ABA Harapan Bangsa Surakarta, juga menaruh perhatian pada ilmu kebahasaan umum (linguistik). Hal ini yang membawanya sukses memaparkan makalahnya di Seminar dan Lokakarya serta Deklarasi Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik. pada tanggal 7-10 Agustus 2018.

Karyanya yang berjudul "Kedaulatan Bahasa Negara di Ruang Publik" menjadi salah satu makalah terpilih dari hasil seleksi. Makalahnya dipaparkan di Ruang Indrakila, UNS Inn, Universitas Sebelas Maret pada hari Rabu, 8 Agustus 2018.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret.


Acara ini sekaligus memantapkan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang. Kegiatan deklarasi dihadiri para dosen, peneliti, mahasiswa, guru, siswa, pemerhati bahasa, pemerintah, dan masyarakat umum.