ABA Harapan Bangsa Surakarta
Akademi Bahasa Asing (ABA) Harapan Bangsa Surakarta - Jl. Ir. Sutami 46, Sekarpace, Surakarta - Telp. (0271) 630029
 
 

Live Support

Yahoo Messenger
amikhb_1

Email:
akademik@abahb.ac.id

Telp:
0271 - 630029
 
 
 



Penelitian kualitatif menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang memiliki keunikan sendiri. “Kupas Tuntas Penelitian Kualitatif “ adalah tema sesi ketiga dari workshop penulisan yang diselenggarakan oleh Jurnal Radiant ABA Harapan Bangsa, yang dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020 lalu dan di moderatori oleh Bapak Nugroho Arif Sudibyo, S.Si. M.Pd. Pemateri pertama pada sesi ketiga kali ini adalah Ibu Sri Wahyuni Samaratul Zanah, S.Hum. M.Hum. yang merupakan salah satu dosen di AMIK dan ABA Harapan Bangsa, Ibu Yuni membahas mengenai Literature Review. Apa sih Literature Review itu? Literature Review sama dengan studi pustaka, biasanya digunakan untuk memberikan landasan atau dasar yang kuat mengenai alasan yang kita memilih tema tertentu dan menerapkan metode tertentu. Selain itu, Literature review lebih ke arah evaluasi yang mendalam dan kritis tidak hanya bermakna membaca literature. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk Literature Review di antaranya Paper dari jurnal ilmiah atau prosiding conference, thesis dan disertasi, laporan, dan buku textbook.

 

Peserta Webinar Penelitian Kualitatif

Bapak Vilya Lakstian Catra Mulia, S.Hum. M.Hum merupakan  pemateri kedua pada sesi ketiga ini. Bapak Vilya membagi pengetahuan yang beliau miliki terkait penelitian kualitatif. Masa pandemi yang terjadi saat ini mengharuskan kita untuk berjaga jarak dan menghindari kerumunan, karena penelitian kualitatif ini perlu pengumpulan data yang berada di lapangan Bagaimana caranya agar penelitian ini tetap berjalan?  Sumber data bisa didapatkan dari manusia, peristiwa dan lokasi, benda dan dokumen. Data memilliki status secara ilmiah dan fungsi, terdapat beberapa macam data di antaranya: Data Primer dan Data Sekunder. Data primer dikumpulkan secara langsung dari lokasi penelitian, sedangkan data sekunder merupakan pendukung penelitian dan sudah dikumpulkan dan memungkinkan dianalisis oleh orang lain. Terkait sampling, ini bersifat selektif yaitu purposive sampling. Improvisasi pengumpulan data di saat new normal, dilatarbelakangi oleh beberapa situasi salah satunya adalah tidak memungkinkan untuk berinteraksi secara langsung. Bagaimana sih cara menanganinya? Caranya dengan wawancara dan focus Group Discussion, Kuesioner yang disebarkan secara daring, dan Data sekunder bisa melalui perpustakaan dan lembaga studi secara daring.

Terdapat beberapa tingkatan teknik analisis data, pertama analisis domain menentukan mana yang data dan bukan data, kedua analisis taksonomi mengklarifikasikan atau mengumpulkan data berdasarkan kategori ilmiah, ketiga analisis komponensial untuk melihat hubungan antar komponen dari yang didapat pada analisis taksonomi. Dan terakhir adalah analisis tema budaya ini tahap akhir untuk menarik kesimpulan. Workshop ini memperoleh respon yang bagus dan atraktif dari para peserta, dilihat dari diskusi dan sesi tanya-jawab yang terjadi. RADIANT adalah Journal of Applied, Social, and Education Studies yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ABA Harapan Bangsa, yang terbit tiga kali setahun yaitu April, Agustus, dan Desember. RADIANT membuka Call for Paper untuk edisi bulan Desember. Masyarakat disilakan untuk turut berpartisipasi. Pengiriman artikel dilakukan melalui Open Journal System pada tautan berikut: radiant.abahb.ac.id , atau dapat berkonsultasi dengan humas di radiant@abahb.ac.id.


 

Tinggalkan Komentar Anda:
 
Nama:
   
Email:
 
Komentar:
 

Tuliskan Kode Validasi dibawah ini

 

 

 

 
   
   Daftar Link Penting
Kopertis Wilayah VI
Pemerintah Kota Surakarta
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Pangkalan Data Perguruan Tinggi

 
 
 

© 2020 ABA Harapan Bangsa Surakarta  
Jl. Ir. Sutami 46, Sekarpace, Surakarta. Telp. 0271 - 630029