ABA Harapan Bangsa Surakarta
Akademi Bahasa Asing (ABA) Harapan Bangsa Surakarta - Jl. Ir. Sutami 46, Sekarpace, Surakarta - Telp. (0271) 630029
 
 

Live Support

Yahoo Messenger
abahb_1

Email:
akademik@abahb.ac.id

Telp:
0271 - 630029
 
 
 



 

Solo Mengajar adalah   Forum Edukasi  yang di bentuk Tahun 2012 yang tanggal  07 Februari   berkolaborasi  kampus  menggelar  kegiatan  Sharing  Bareng   dengan Tema  Riset  dan  Perubahan  Teknologi  bagi  Dunia  Pendidikan  yang dihadiri  beberapa dosen  salah satunya  Bapak  Vilya  Lakstian  Catra  ,M.Hum (dosen ABA Harapan Bangsa ) yang  membagikan  pengalamannya memanfaatkan penyimpanan awan ( cloud storage) untuk menejemen  penelitian dan penelitian kebahasaan .

 

 Kegiatan ini  merupakan  pengabdian kepada  masyarakat   yang diikuti masyarakat umum dan pengajar  di komunitas  Solo Mengajar  yang juga   di hadiri   oleh  Didik Kartika  ,direktur  Solo mengajar 

Besar harapannya dengan kegiatan ini bisa memajukan pendidikan dikota Solo di era modern ini.

C:UsersDellDownloads1d6896e-b173-4b09-a158-4a770d88d1fb.jpg



Dalam sharing ini  mengupas beberapa  hal  yang menjadi kendala  pendidikan  di solo  terutama mengenai  database volunteer  maupun peserta  didik.  Dalam forum sharing  ini   juga   disampaikan  mengenai solusi  untuk  mengumpulkan  data   secara  digital  dan  praktis . Kegiatan ini bermanfaat  menambah  wawasan   penggunaan   teknologi  untuk pendidikan  .

 

 Di era digital  sekarang ini  pengumpulan data  bisa  memanfaatkan  Google  Form tanpa harus pandai  coding   yang rumit  . Misalnya  perusahaan /organisasi   yang memiliki lebih dari 1 cabang  dengan lokasi  berbeda , jika  mengunakan  Ms Excel  akan  kesulitan  integrasinya ,apa bila menggunakan sistem  terbentur  masalah  biaya  , oleh sebab itu  solusinya   menggunakan  Google  Form  .

Pemakaian Goole From   sama persis  menggunakan  Ms  word dan Ms Excell  namun sifatnya online  ,siapa pun yang terundang bisa  menggunakan  dan  mengupdate  data  secara online   tanpa    takut  duplikasi  karena bersifat multi user . Hal tersebut dapat  menghemat  waktu   dan  dapat  dilakukan  semua orang  karena  sangat  mudah  dipelajari.



Pada kesempatan itu  Bapak  Vilya  Lakstian  Catra  ,M.Hum  mengatakan   selain  dapat  di  akses dari mana pun, track record edit  sangat mudah   di ketahui ,waktu yang ada  tertera secara realtime  dan rinci  ,bisa backup  setiap bulan untuk menghindari  kebocaran data  .

 

 Selain itu  bisa juga  dengan  sistem  pendidikan  ganda   seperti  dikatakan bapak Eka Budi Santosa ,S.T,M.Pd.yaitu  sistem  pembelajaran  Mobile  Computer Supported Collaborative Learning (MCSCL) sebagai solusi  keterbatasan  waktu belajar  tatap muka ,yaitu secara online  membentuk grup  di Edmodo yang mempunya kelebihan  guru  dan siswa   bisa saling komunikasi  melalui chating dengan memanfaatkan  hp untuk hal yang positif  tidak sekedar main game. 

 



Kegiatan  Sharing Bareng ini di akhiri  dengan  pembacaan kesimpulan yaitu solusi  dan  masukan  dari  seluruh  narasumber  dan para tamu  . Dengan  dilaksanakannya Sharing Bareng ini  di harapkan   dapat  menambah  wawasan  penggunakaan  teknologi  untuk  pendidikan sehingga bisa mengikuti perkembangan jaman yang kian canggih ini .

Tidak lupa  untuk mengabadikan  acara itu dengan foto bersama sehingga  menambah  keakraban dan bersepakat untuk memajukan pendidikan dikota solo di era digital ini.

Dalam sharing ini  mengupas beberapa  hal  yang menjadi kendala  pendidikan  di solo  terutama mengenai  database volunteer  maupun peserta  didik.  Dalam forum sharing  ini   juga   disampaikan  mengenai solusi  untuk  mengumpulkan  data   secara  digital  dan  praktis . Kegiatan ini bermanfaat  menambah  wawasan   penggunaan   teknologi  untuk pendidikan  .

 

 Di era digital  sekarang ini  pengumpulan data  bisa  memanfaatkan  Google  Form tanpa harus pandai  coding   yang rumit  . Misalnya  perusahaan /organisasi   yang memiliki lebih dari 1 cabang  dengan lokasi  berbeda , jika  mengunakan  Ms Excel  akan  kesulitan  integrasinya ,apa bila menggunakan sistem  terbentur  masalah  biaya  , oleh sebab itu  solusinya   menggunakan  Google  Form  .

Pemakaian Goole From   sama persis  menggunakan  Ms  word dan Ms Excell  namun sifatnya online  ,siapa pun yang terundang bisa  menggunakan  dan  mengupdate  data  secara online   tanpa    takut  duplikasi  karena bersifat multi user . Hal tersebut dapat  menghemat  waktu   dan  dapat  dilakukan  semua orang  karena  sangat  mudah  dipelajari.

Pada kesempatan itu  Bapak  Vilya  Lakstian  Catra  ,M.Hum  mengatakan   selain  dapat  di  akses dari mana pun, track record edit  sangat mudah   di ketahui ,waktu yang ada  tertera secara realtime  dan rinci  ,bisa backup  setiap bulan untuk menghindari  kebocaran data  .

Selain itu  bisa juga  dengan  sistem  pendidikan  ganda   seperti  dikatakan bapak Eka Budi Santosa ,S.T,M.Pd.yaitu  sistem  pembelajaran  Mobile  Computer Supported Collaborative Learning (MCSCL) sebagai solusi  keterbatasan  waktu belajar  tatap muka ,yaitu secara online  membentuk grup  di Edmodo yang mempunya kelebihan  guru  dan siswa   bisa saling komunikasi  melalui chating dengan memanfaatkan  hp untuk hal yang positif  tidak sekedar main game.

Kegiatan  Sharing Bareng ini di akhiri  dengan  pembacaan kesimpulan yaitu solusi  dan  masukan  dari  seluruh  narasumber  dan para tamu  . Dengan  dilaksanakannya Sharing Bareng ini  di harapkan   dapat  menambah  wawasan  penggunakaan  teknologi  untuk  pendidikan sehingga bisa mengikuti perkembangan jaman yang kian canggih ini .

Tidak lupa  untuk mengabadikan  acara itu dengan foto bersama sehingga  menambah  keakraban dan bersepakat untuk memajukan pendidikan dikota solo di era digital ini.

(RACHEL HARDITA PRATIWI)


 

Tinggalkan Komentar Anda:
 
Nama:
   
Email:
 
Komentar:
 

Tuliskan Kode Validasi dibawah ini

 

 

 

 
   
   Daftar Link Penting
Kopertis Wilayah VI
Pemerintah Kota Surakarta
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Pangkalan Data Perguruan Tinggi

 
 
 

© 2021 ABA Harapan Bangsa Surakarta  
Jl. Ir. Sutami 46, Sekarpace, Surakarta. Telp. 0271 - 630029